Horizontal Directional Drilling (HDD)

Sesuai dengan namanya, Drectional Drilling berarti pengeboran yang dapat diarahkan. Sebuah lubang bor dapat menjangkau titik-titik well yang berbeda, karena bor yang digunakan dapat digerakkan sesuai dengan keinginan. Berdasarkan pengalaman para engineer, mengebor suatu well dari berbagai arah dapat meningkatkan produktivitas minyak dan gas.

 

Pengembangan  pada drilling sensors dan global positioning technology telah menghasilkan teknologi directional drilling yang lebih baik hingga saat ini. Sudurt drillbit sudah dapat dikendalikan melalui real-time technologies secara lebih akurat, memberikan kemudahan bagi dunia industry untuk menghadapi permasalahan pengeboran, meningkatkan efisiensi, dan penghematan biaya.

Beberapa peralatan yang umum digunakan pada directional drilling:

  • Whipstocks
  • Bottomhole assembly (BHA) configuratios
  • Three-dimensional measuring devices
  • Mud motors
  • Specialized drillbits

Salah satu tipe directional drilling adalah Horizontal Directional Drilling (HDD), yang biasa digunakan untuk meningkatkan produksi seara drastic, mencapai 20 kali lipat. Sudut yang termasuk HDD adalah di atas 80 derajat, dan bahkan melebihi 90 derajat (drilling upward).

edi bor datar

HDD tidak hanya untuk mengebor sumber minyak dan gas, melainkan dapat pula digunakan untuk membuat jalur bawah tanah yang menyebrangi sungai, jalanan, dan struktur eksisting, sehingga dapat dibangun pipa untuk transportasi fluida dan material lainnya melalui jalur tersebut. Dibanding dengan menggali tanah untuk memasang jalur pipa, teknologi directional drilling memiliki biaya instalasi 6-8 kali lebih rendah.

Horizontal Auger Boring

Horizontal auger boring (HAB) menggunakan kombinasi jacking untuk mendorong selubung pipa ke dalam tanah dan auger untuk menghilangkan kotoran dari bagian dalam selongsong saat mereka maju melalui lubang. Secara historis, lubang akan dipotong terlebih dahulu, kemudian selubung pipa dipasang setelahnya, tetapi karena teknologinya telah meningkat dari waktu ke waktu, perusahaan telah menemukan cara untuk memasang selubung pada saat yang sama dengan lubang yang sedang dibor untuk mengurangi potensi keruntuhan tanah .

edi bor datar

Cara Kerja Horizontal Auger Boring Ada empat komponen peralatan utama dalam operasi pengeboran auger horizontal; kepala pemotongan berputar, auger, peralatan jacking dan lubang masuk dan keluar.

Kepala pemotongan yang berputar memotong tanah di permukaan lubang di casing depan. Kepala pemotongan biasanya duduk tepat di depan atau tepat di dalam casing. Karena rampasan dibuat melalui aksi pemotongan, ia jatuh ke dalam selubung ke auger,
yang merupakan sekrup berputar dengan gulungan heliks bergalur. Itu terletak di dalam casing pipa. Saat auger berputar, jarahan ditarik di sepanjang gulungan menuju lubang masuk di mana lubang itu dilepaskan. Rusak dapat dilepas dari lubang masuk melalui konveyor, secara manual atau dengan peralatan mekanis. Peralatan dongkrak hidrolik digunakan untuk memasok gaya yang diperlukan untuk mendorong selubung melalui tanah. Menggerakkan selongsong ke dalam lubang sementara mesin auger sedang menggali adalah penting untuk mencegah keruntuhan tanah dan kerusakan terkait pada jalan atau rel kereta api di permukaan. (Baca: Casing Boring Vs. Uncased Boring.) Lubang masuk dan keluar adalah bukaan galian pada awal dan akhir pemasangan pipa. Peralatan ditempatkan pada posisi di lubang masuk dan panjang casing ditambahkan melalui lubang ini. Ketika lubang sudah selesai, kepala pemotongan dan peralatan terkait dikeluarkan dari lubang keluar. Meskipun perbaikan sedang dilakukan dalam teknologi dari waktu ke waktu, kemudi directional di HAB tidak sehalus teknologi trenchless lainnya. Sangat penting bahwa peralatan disejajarkan dengan benar di lubang masuk untuk mengatur arah bor secara akurat di awal untuk mencegah penyimpangan yang signifikan dari titik keluar yang diinginkan.

 

Pipe Jacking Trenchless

Pipe jacking adalah suatu teknik dalam pemasangan pipa dengan mendorong pipa pra cetak ke dalam tanah dari sebuah lubang vertikal/pit. Pipe jacking merupakan suatu metode pemasangan pipa tanpa galian (trenchless technology). Metode microtunneling menggunakan sistem remote-controlled jacking yang menyediakan continuous support pada excavation face dengan menerapkan tekanan mekanis atau cairan untuk menyeimbangkan tekanan air tanah dan bumi.

edi bor datar

Microtunneling membutuhkan poros jacking shaft dan reception shaft pada ujung-ujung setiap drive. Proses microtunneling adalah operasi cyclic pipe jacking. MTBM didorong ke bumi dengan hydraulic jack yang terpasang pada poros jacking. Jack kemudian ditarik kemudian slurry lines dan kabel kontrol terputus. Sebuah pipa diturunkan ke poros dan disisipkan di antara frame jacking dan MTBM atau pipa jack sebelumnya. Sambungan Slurry lines dan kabel listrik dan kabel kontrol dibuat dan pipa serta MTBM dimajukan. Proses ini diulang sampai MTBM mencapai reception shaft.

 

Selama penyelesaian, MTBM dan peralatan diambil dan dilepas dari pipa. Jacking pipa adalah teknik dalam usaha pemasangan pipa dengan mendorong pipa pracetak ke dalam tanah dari sebuah lubang vertikal/pit. Untuk penempatan pipa dalam bentuk lapisan gandapass menggunakan casing sementara, yang akan dibuang dan diganti dengan pipa permanen. Salah satu jenis pipa yang dipasang adalah pipa baja.

HDD Mini Custom

Pengembangan konsep HDD MINI CUSTOM menyusaikan dengan kondisi lokasi kerja yang tidak bisa di pakai oleh mesin HDD pabrikan
dengan teknik kerja yang sama dengan pekerjaan yang memakai alat HDD pabrikan.

edi bor datar

Mini-horizontal directional drilling (mini-HDD) adalah metode untuk pemasangan pipa, saluran dan kabel menggunakan rig pengeboran yang diluncurkan di permukaan. Sebuah lubang uji coba dibor menggunakan tali bor berputar dan kemudian diperbesar oleh alat reamer belakang dengan ukuran yang dibutuhkan untuk pipa produk. Proses ini menggunakan rig berbasis permukaan dengan kepala bor yang dapat dikendalikan. Istilah mini digunakan untuk membedakan antara pipa yang terlalu kecil untuk masuk manusia.

Kemampuan manuver dari metode ini difasilitasi oleh kepala bor miring, kepala bor yang jet fluida asimetris atau bergerak di kepala. Setelah pemboran awal, lubang diperluas melalui penggunaan alat untuk membesarkan lubang secara bertahap memperbesar lubang untuk memungkinkan pemasangan pipa produk. Selama pengeboran, bit dipandu dengan laser yang memungkinkan akurasi tinggi – seringkali dalam toleransi 1 inci. Menggunakan mini directional drilling mahal karena penggunaan peralatan dan personel yang sangat terspesialisasi.

Fabrication

Fabrikasi adalah suatu rangkaian pekerjaan dari beberapa komponen material baik berupa platpipa ataupun baja profil dirangkai dan dibentuk setahap demi setahap berdasarkan item-item tertentu sampai menjadi suatu bentuk yang dapat dipasang menjadi sebuah rangkaian alat produksi maupun konstruksi.

edi bor datar

edi bor datar

Edi Bor Datar memiliki berbagai peralatan penunjang pekerjaan pengboran Horizontal. Termasuk truk penghisap vakum, sesuai dengan kebutuhan Costumer

CONTACT INFO

  • Jl. Kp Pamahan No 76 Kelurahan Jatimekar , Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi Jawa Barat 17422
  • 0812-1964-2413
  • admin@edibordatar.com

Testimonials

Fery
Fery@username
Read More
Dengan Peralatan yang canggih sehingga membuat pekerjaan mejadi cepat dan bagus
Putera
Putera@username
Read More
Mantaps.. jarak 1 kilo dikerjakan dengan cepat dan rapihh
Previous
Next